Rabu, 17 Juli 2013

Perkembangan IT di Universitas Muhammadiyah Malang

Perkembangan peradaban manusia diiringi dengan perkembangan cara penyampaian informasi (yang selanjutnya dikenal dengan istilah Teknologi Informasi). Mulai dari gambar-gambar yang tak bermakna di dinding-dinding, peletakkan tonggak sejarah dalam bentuk prasasti sampai diperkenalkannya dunia arus informasi yang kemudian dikenal dengan nama INTERNET. Informasi yang disampaikan pun berkembang.
Teknologi Informasi (TI) merupakan suatu bidang industri yang berkembang dengan begitu pesatnya pada tahun-tahun terakhir ini, dan akan terus berlangsung untuk tahun-tahun mendatang.

Perkembangan industri dalam bidang TI ini membutuhkan suatu formalisasi yang lebih baik dan tepat mengenai pekerjaan, profesi berkaitan dengan keahlian di bidang TI. Perkembangan bidang Telematika dan Teknologi Informasi yang sangat pesat perlu diimbangi dengan penyiapan sumber daya manusia yang handal, untuk mengantisipasi persaingan global yang sudah semakin dekat.
Teknologi Informasi di UMM bertujuan memberikan informasi kepada komunitas internal dan external stake holder UMM secara online,sampai saat ini proses pelayanan terus di kembangkan agar dapat memberikan pelayanan terbaik kepada costumer UMM.Salah satu contoh layanan adalah pengisian KRS dengan alamat http://krs-online.umm.ac.id/ dan KHS secara online,fasilitas layanan hotspot yang merupakan layanan internet secara gratis sejak tahun 2005.Email UMM,adalah fasilitas surat elektronik yang menggunakan fasilitas web-mail yang disediakan oleh UMM yaitu http://webmail.umm.ac.id.
Blog UMM diperuntukan bagi mahasiswa agar kegiatan menulis mahasiswa dapat dibaca dan diunduh pengguna internet di seluruh dunia,dengan fasilitas situs http://student.umm.ac.id/.ELMU merupakan sistem pembelajaran elektronik berbasis web (e-learning) yang dikembangkan menggunakan platform moodle dengan alamat situs http://elmu.umm.ac.id. UMM juga mengadakan forum diskusi dengan situs http://forum.umm.ac.id


1.LAYANAN HOTSPOT DI UMM
Hotspot adalah layanan untuk akses internet secara gratis yang disediakan oleh UMM dan ditujukan kepada seluruh mahasiswa UMM menggunakan fasilitas WIFI.

Syarat-syarat layanan Hotspot UMM :
Mahasiswa aktif UMM.
Mempunyai PIC Perpustakaan UMM.


2.LAYANAN EMAIL DI UMM
Electronic Mail adalah salah satu aplikasi yang cukup banyak digunakan di Internet. Hal ini karena e-mail merupakan alat komunikasi yang cukup murah dan cepat. Dengan e-mail kita dapat berhubungan dengan siapa saja yang terhubung ke Internet di seluruh dunia. Konsep e-mail adalah seperti kita mengirim surat dengan media pos biasa. 


3.LAYANAN BLOG DI UMM
Blog merupakan singkatan dari ”web blog” adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimulai dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

4.LAYANAN ADMINISTRASI AKADEMIK
Layanan yang digunakan untuk memudahkan Mahasiswa UMM dalam melakukan KRS-Online. Adapun situsnya yaitu http://krs-online.umm.ac.id.


5.LAYANAN DIGITAL LIBRARY
Dalam memberikan informasi yang lebih, maka Digital Library Universitas Muhammadiyah Malang bekerjasama dengan Indonesian Digital Library (IDLN) yang didalamnya tergabung berbagai institusi baik pendidikan, pemerintah dan swasta. Adapun situs DIGILIB UMM yaitu http://digilib.umm.ac.id.


6.LAYANAN E-LEARNING UMM
ELMU (E-Learning at Muhammadiyah University of Malang) merupakan system pembelajaran elektronik berbasis web (e-learning) yang dikembangkan menggunakan platform Moodle (Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment). Menyelenggarakan perkuliahan online di ELMU sangat mudah, tidak memerlukan keahlian khusus. Cukup bias menggunakan browser internet (misalnya Internet Explorer, Mozilla Firefox, atau lainnya), maka seseorang sudah bias menerapkan pembelajaran online di ELMU. Adapun situs ELMU yaitu http://elmu.umm.ac.id.


7.LAYANAN FORUM DISKUSI UMM
Selain jaringan-jaringan yang memfasilitasi mahasiswa untuk memudahkan mendapatkan data, Universitas Muhammadiyah Malang juga mengadakan forum diskusi. Forum adalah sebuah tempat yang mewadahi orang-orang agar berkomunikasi secara masal. Misalkan Anda mendatangi suatu tempat terdapat banyak orang yang bergabung dalam kelompok-kelompok yang sedang mendiskusikan sesuatu sesuai dengan tema mereka, tetapi Anda bias bebas pergi ke sana ke mari ke kelompok yang berbeda-beda untuk bergabung atau berdiskusi tentang topic yang sedang mereka bicarakan. Adapun situs Forum Diskusi UMM adalah http://forum.umm.ac.id


Sumber: http://ma2tislox.wordpress.com/2012/08/09/perkembangan-it-di-universitas-muhammadiyah-malang/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar