Selasa, 15 November 2011

 MENDAKI gunung memang terlihat sulit dan melelahkan. Namun, indahnya panorama dan kepuasan ketika mencapai puncak gunung pastilah mengalahkan segala rasa lelah tersebut.

Mendaki gunung tidak membutuhkan keahlian khusus, namun berikut beberapa tips sebelum dan ketika Anda melakukan pendakian untuk pertama kali;

1. Cek dahulu lokasi pendakian
Beberapa Gunung umumnya memberlakukan aturan-aturan khusus bagi para pendaki, seperti misalnya pendaki perlu mendaftar di kantor pengelola. lakukan hal ini minimal H-7, agar Anda dapat memasuki kawasan pendakian dengan lancar.

2. Olahraga sebelum mulai mendaki
Untuk mendaki gunung dibutuhkan stamina yang kuat. Selain karena medannya yang tidak biasa, semakin tinggi lokasi, semakin tipis oksigen yang tersedia. karena itu, biasakan berolahraga kecil, misalnya jogging secara rutin, minimal sebulan sebelum keberangkatan.

3. Siapkan perbekalan yang cukup

Sebelum berangkat, jangan lupa siapkan perbekalan. meskipun sudah banyak jalur pendakian yang memiliki warung-warung dan penjual makanan, namun sangat penting untuk membawa makanan Anda sendiri. minuman-minuman sachet dan juga makanan instan dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menjadi santapan Anda nanti di atas gunung.

4. Bawa Air mineral dengan jumlah banyak
Air mineral merupakan kebutuhan paling vital. kelelahan dapat membuat Anda dehidrasi dan apabila hal terssebut terjadi di atas gunung, maka fatal akibatnya. Perlu diingat bahwa di puncak gunung tidak tersedia sumber air, karena itu ketika berhenti di pos-pos pemberhentian, isi penuh botol air mineral Anda.

5. Penting untuk membawa jaket/pakaian hangat
Udara di puncak gunung akan sangat dingin, siang hari 18 derajat celcius dan di malam hari dapat mencapai lima derajat celcius. apalagi bila terjadi hujan, angin akan membuat udara menjadi semakin dingin. Jangan pernah lupa untuk membawa jaket tebal dan jas hujan, karena udara dingin dapat membuat Anda mudah terserang hipotermia yang membahayakan nyawa Anda.

6. Siapkan kantong plastik besar
Keindahan alam yang menjadi lokasi wisata tentunya harus dijaga dengan baik. Karena itu, selalu ingat untuk membawa plastik besar untuk menampung sampah yang telah Anda keluarkan. Jangan lupa untuk memungut sampah yang Anda temukan sepanjang perjalanan juga.

7. Berdoa
Terakhir, perjalanan pendakian gunung cukup berat dan pada akhirnya semua tergantung pada alam. Jangan lupa untuk berdoa pada Yang Maha Kuasa sebelum berangkat, agar perjalanan Anda aman dan lancar sampai tujuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar